Tuesday, June 29, 2010

Seniman Tutup Botol

Ketika saya browing di internet saya menemukan ada sebuah karya seni yang menarik di internet, berupa instalasi yang berbentuk lukisan yang terbuat dari tutup botol bekas. Ketika saya pertama kali melihat gambar yang ditampilkan di jendela browser saya, saya tidak percaya bahwa itu adalah seni tutup botol, karena gambarnya sangat mirip dengan lukisan yang kaya dengan tekstur dan warna. Akan tetapi setelah gambar itu saya perbesar terlihat bahwa itu adalah tutup botol bekas yang disini mungkin disini sudah dibuang atau didaur ulang untuk digunakan kembali, tetapi karya seni membuat tutup botol memiliki nilai tambah yang lebih.



Siapakah artis atau seniman yang menciptakan karya yang indah ini, dia adalah seorang seniman berkebangsaan Amerika bernama Molly B Right  yang lahir pada tahun 1963, di Greensboro, NC. Dia telah tinggal di Charleston SC sejak tahun 1969 dan mulai melukis pada tahun 1993 secara otodidak. Subyek karyanya biasanya berkisar dari kisah singkat dari masa kecilnya untuk karya figuratif minimalis. Baru-baru ini, fokusnya telah mempertanyakan pencitraan keagamaan paling sering dicat pada panel kayu atau logam permukaan, terutama mengenai kisah Yesus. 
 
 

Menurut beliau,pengerjaan potret tutup botol terdiri dari beberapa proses. Dimulai dengan melukis model lukisan dengan cat, pada sepotong logam lembaran. Dimana tutup botol kemudian dipaku pada lukisan itu, sedemikian rupa sehingga tumpang tindih, seperti sisik ular. Perhatian khusus diberikan oleh Molly untuk mencapai hasil  terbaik, sehingga tidak ada bekas lem yang terlihat, sehingga karya yang dihasilkan terlihat sangat rapih. Adapun  sebagian besar potret hasil karya beliau berukuran 4 'x 5' dan beratnya 60-70 pon.

Jika pembaca ingin melihat secara lengkap karya-karya beliau, anda dapat berkunjung langsung ke websitenya untuk melihat koleksi karya-karyanya yang menarik dan luar biasa disini:
http://www.mollybright.com/

No comments:

Post a Comment